Sunday, November 23, 2014

Melon umur 5-7hari, sistem wick, ppm 1500



Dolly Maylissa

Pengertian

Allah tak saja menciptakan pikiran
Pikiran saja tak dapat dikatakan berakal
Allah juga menciptakan hati
Yang dengan adanya hati maka manusia dikatakan berhati

Allah menciptakan perasaan
Tak selalu perasaan riang dan bahagia
Tapi ada pula kesedihan dan kekecewaan
Bagaimana kita tau soal itu
Pikiran dan hatimu jawabnya

Dalam menjalin hubungan bukan saja selalu soal hati
Bukan juga pikiran melulu yang dipakai
Tapi pengertian adalah kombinasi yang baik dari hati dan pikira
Sayangnya, bantak orang yg menutup mata soal itu
Termasuk aku dan kamu

Dolly Maylissa

Saturday, November 22, 2014

Bagaimana menyimpan benih yang benar dan baik.

Bagi pemula seperti saya sangat perlu mencari tau bagaimana benih yang belum dipakai itu disimpan dengan baik dan benar agar bisa dikemudian hari bisa ditanam dan tak mengurangi hasil tanamnya.

Jaman dulu para petani mengambil benih dari tanaman langsung, dipilih buah yamg bagus dan sekiranya dapat menghasilkan buah yang bagus nantinya. Biji dari buah tersebut biasanya diambil ketika buah sudah cukup tua, bukan diambil buah yang muda, biji dipisahkan dari daging buah, dijemur lalu ditanam langsung, ada juga yang disimpan untuk musim tanam berikutnya.

Para petani tentu sudah sangat tau bagaimana harus menyimpan benih, tapi bagi kita para pemula apakah kita sepenuhnya tau bagaimana cara yang baik dan benar menyimpan benih.

Ada beberapa yg mengusulkan benih disimpan di kulkas, apakah itu benar?

Benih yang disimpan di kulkas tanpa pengemasan yang baik dapat mengurangi kadar air benih <10/15% dari berar basah yg berakibat berkurangnya daya hidup benih (viabilitas). Benih sendiri masih menyimpan kadar air sebesar 10/15% dr berat basah.

Apakah menyimpan benih dikulkas berarti tidak boleh sama sekali?

Menyimpan benih dikulkas masih boleh dilakukan contohnya yang dilakukan oleh mbak Niar Seruni, salah satu pecinta hidroponik, Mbak Niar mengatakan "Divakum dalam tempat yg tertutup rapat, masuk ke kulkas yg di kotak obatnya.benih kuperlakukan seperti itu semua. Dan bisa tetap sprout setelah dibuka dari kemasan 3bulan"

Saran teman saya juga Bang Witarsa benih yang akan dimasukkan ke kulkas bisa ke dikemas dalam zipper bag dahulu (atau vacum bag) atau disimpan di tempat menyimpan makanan yang kedap. Menurutnya juga benih baik disimpan dalam  dalam ruangan kering (suhu ruang) dan kelembapan rendah maka benih akan tetap bagus kualitasnya.

Saya sendiri menyimpan benih dengan menutup rapat-rapat kemasan benih dan disimpan dikaleng atau dibotol lalu ditutup dan disimpan di ruangan bersuhu kamar.

Sedikit tambahan dari rekan saya Jean Aprilla selalu wanti-wanti bagaimana cara mengambil benih dari kemasannya, bukan dengan tangan melainkan menjatuhkan atau menuangkan benih ketangan atau ke wadah lain, benih yang tidak terpakai jangan sampai terkena air maupun terkena sentuhan tangan agar tidak terkontaminasi bakteri. Semoga bermanfaat untuk semua.

Terima kasih Mbak Niar Seruni, Bang Witarsa dan Jean Aprilla

Dolly Maylissa

Wednesday, November 19, 2014

Si bakal buah melon


Ini dia si bakal buah melon setelah dikawinin 3 hari lalu, semoga tumbuh dengan baik dan jadi buah melon, Aamiin

Dolly Maylissa

Tuesday, November 18, 2014

Belajar kegagalan dari si terong


Ini dia si bunga terong, baru satu yg keliatan bakal buahnya, sedangkan yang satunya baru mengering bunganya kemarin.

Tanaman terong ini sebelumnya sudah hampir mati, daunnya tinggal satu, karena  melihat masih ada semangat hidup si pohon terong akhirnya tiap hari dikasih nutrisi dia, dikasih pupuk npk dan tiap hari disiram nutrisi hidroponik, beberapa hari terakhir ini di semprot growmore, mungkin keliatannya kebanyakan pupuk, tapi saya liat masih gak kebanyakan kok, sekarang sudah bercabang, berdaun lebar, dan bunganya dari yang awal mncul hanya satu dua sekarang sudah 5, salah duanya yg difoto itu.

Dududu... Ini terong kesukaan si tito, hahaha,
Kalau sudah panen semoga rasanya enak.
:)
Dolly Maylissa

Senang melihat bunga

Tau ini bunga apa?
INI BUNGA BETINA PADA MELON

Bunga yg saya tunggu selama beberapa bulan sejak kenal hidroponik. Dulu dibela-belain beli bibit import eh ternyata kena hama. Nah yang sekarang ini dari biji melon yg beli di supermarket.

Sekarang saya punya 8 tanaman melon semuanya pakai sistem wick, satu tang 4 tanaman, ada yg merambat di tali ada juga yang saya biarkan menggantungkan dirinya di pagar. Nah ini mereka bubga betina yg mekar pagi ini di tanaman yg merambat di pagar besi, cantiknya.

Tadi pagi sudah saya kawinkan dengan yg jantan, berdoa saja semoga berhasil. Gak sabar banget.

Bismillah ya melonku, cepat berbuah.
:)
Dolly Maylissa

Monday, November 3, 2014

I Need Help

Yas,
Terlalu susah aku merangkai kata-kata yang kelak kau mengerti
Terlalu bingung aku bagaimana memulainya
Terlalu berperasaan aku ketika ingin mengutarakannya

Yas
Apa kamu tau
Menyedihkan sekali ketika aku mengucap namamu
Parau, dalam, berat
Terlalu banyak ketidak hadiranmu disisiku
Terlalu banyak kerinduan terhadapmu
Dan aku sesungguhnya tak sanggup menampungnya dalam diriku

Yas
Aku bukan wanita kuat dan bijak
Aku bukan wanita pemberani
Aku bukan wanita pintar
Aku bukan wanita baik
Aku bukan wanita cantik
Aku bukan wanita yang seperti kamu inginkan

Yas
Lihatlah keadaanku sekarang
Hancur
Aku kehilangan jiwa, keberanian dan hidupku
Lihat keadaanku sekarang
Hancur
Aku membuang banyak waktu yang dulu aku pikir waktu itu untuk kamu
Lihat keadaanku sekarang
Hancur
Aku kehilangan banyak teman, ketenangan, kasih sayang yang dulu aku kira akan aku dapatkan dari kamu

Yas
Lihat sebentar kearahku
Lihat keadaanku

Yas
Kamu mendapatkan waktu begitu banyak
Kamu mendapatkan kenyamanan begitu indah
Kamu mendapatkan pandangan dari orang lain
Sedangkan aku?

Yas
Kini aku mengerti apa alasanmu
Aku mengerti sikapmu
Aku mengerti keadaan
Aku telah mengerti semuanya
Maka ambillah keputusan atas kita

Yas
Aku butuh bantuanmu
Ambillah keputusan untuk kita
Baik atau buruk
Aku tak berani memikirkannya
Ambillah keputusan untuk kita

Bantu aku menentukan hidup matiku
Hanya kamu sahabatku
Hanya kamu
Kamu
Yas

Friday, October 31, 2014

Aku Pengecut


Sampai sekarang aku masih menulis disini, ditempat yg seharus kau tau, tempat yang swharusnya hanya milik kamu, tempat yang hanya ada kita.


 Sampai sekarang pun kamu gk pernah tau kalo aku selalu menangis untuk kamu, bahkan ketika kamu menjauhi aku, aku masih menangis karena kamu, bilang putus ke kamu sudah cukup membuat aku menangis, walau kau tak menghiraukan kata- kataku.


 Apa aku salah pilih kamu? Berkali- kali aku bertanya pada diri aku sendiri, apa alasan aku memilih kamu itu salah? Apa aku yang salah? Salah bicara? Salah bersikap? Apa aku yang salah?


 Aku ingin jadi temanmu, agar ketika kita bisa saling berbagi cerita, apapun igu, sebagai sahabat, yang saling mendengarkan, memberi saran, dan memperhatikan, tapi setiap aku seperti itu kau mundur satu langkah menjauh, dan itu seperti mengiris perlahan hati dan pikiranku, membuang logikaku, dan membuat aku bersikap bodoh.


 Apa aku salah sayang? Pilih kamu?
 Berkali-kali aku tanyakan, tapi hanya diam jawaban kamu.


 Apa aku salah sayang dan cinta sama kamu? Aku tanya lagi-lagi dan lagi tapi tak ada jawabanya dari mulut kamu.


 Apa aku terlalu buruk untuk memilih kamu?


 Aku tak pernah berani membayangkan setiap jawabanmu.
 Aku tak pernah berani, aku pengecut, aku pengecut, aku pengecut, aku pengecut, aku pengecut

Monday, October 20, 2014

Ketika laki-laki berbohong untuk kesenangannya

Terkadang, kita, perempuan hanya bisa menangis ketika mereka, laki-laki, berkata bohong, entar mengapa kita hanya menangis.

Hai kalian laki-laki tak sadarkan kalian kami perempuan mau seberapa hebatnya kami berevolusi kami tetap merasakan sakit.

Hai kalian laki-laki tau kah kalian, kami perempuan seberapapun dinginnya sikap kami ketika melihat seorang anak, hati kami luluh, melihat hewan2 yang butuh belas kasihan kami menitikkan air mata.

Hai kalian laki-laki tau kah kalian, kami perempuan hanya ingin melihat kejujuran dari sorot mata kalian, bukan pembuktian berlebihan.

Apa kalian tak pernah tau atau pura2 tidak tau?

Hati kami itu Selembut belaian kami kepada kalian ketika kalian terjatuh dan sakit, mata kami muda meneteskan air mata terutama ketika kalian menceritakan kesedihan dan keraguan dalam hati kalian, pendirian kami mudah luluh dengan tatapan dari kalian

Ya kami selemah itu tapi kami tidak bodoh, kami tau apa yang terjadi bahkan ketika kami memejamkan mata.

Kemarin kau mencoba menutup mataku, menjadikan aku buta, tapi justru aku dapat melihat dengan jelas siapa kau sebenarnya.

Hari demi hari semakin kau menutup mataku, semakin aku tau kau menyembunyikan banyak hal dariku.

Semakin kau tutup mata ku, kau semakin tak sadar aku masih bisa bicara kebenaran

Semakin kau menggelapkan mataku, maka suaraku makin lantang berkata benar

Tapi apa kau tau jika kau membuka mataku, hanya ada kesedihan untukmu disana, bukan amarah, bukan sikap memberontak, hanya kesedihan melihat kau

Jika saja kau tak pernah menutup mataku, maka kau tak akan pernah mendengar hal yang tak kau sukai, walaupun itu suatu kebenaran

Jika saja kau membiarkan aku melihat, kau akan merasakan kebenaran dari ucapanku bagai air di padang pasir

Andai kau tak membuat kesalahan itu, kita masih saling mencintai, saling peduli, saling bercerita banyak hal, saling percaya.

Semoga kau segera sadar sayang, mata ku bukan hanya mata fisik.

Dolly Maylissa

Monday, October 13, 2014

Jual Paket Hidroponik

Kami adalah toko online penyedia peralatan hidroponik.
Menyediakan paket pemula bagi yang baru belajar hidroponik,
Paket Murah Meriah (Rp. 50.000)  terdiri dari :
- Nutrisi 250gr
- Benih
- Busa
Paket Single (Rp.100.000) terdiri dari :
- Nutrisi 250gr
- Benih
- Rockwool
- 1 Bak nutrisi dan tutupnya
- Gelas plastik dan kain flanel
Paket Dobel (Rp.150.000) terdiri dari :
- Nutrisi 250gr
- Benih
- Rockwool
- 3 Bak nutrisi dan tutupnya
- Gelas plastik dan kain flanel
Paket tersebut merupakan paket sistem wick.

Sementara yang tersedia adalah yang paket tersebut, tidak bisa beli satuan.
SMS ke 085885829027
dengan Format : Nama anda_nama paket dan jumlahnya_alamat anda
Pin BBM : 7EABE968 (hanya untuk panduan tanam)

Wednesday, October 1, 2014

Menyambi Hidroponik

Hidroponik mungkin salah satu obsesi terpendamku, dari jaman sd dulu ketika praktek menanam diatas kapas dan bisa tumbuh langsung mikir berarti bisa ya menanam tanpa tanah, namanya juga anak sd jadi ya pengetahuannya segitu doang, dulu sempet punya niat masuk smk pertanian, tapi sayangnya dilarang, jadi malah nyasar di jurusan hukum, gak papa sih, toh suka juga.

Ternyata keinginan masuk kuliah pertanian diteruskan oleh adikku, senangnya, paling tidak bisa belajar dari dia tanpa kuliah. hehehe

Adik saya skripsinya kebetulan mengenai hidroponik, saya ikutan praktek jadinya, mulai dari baca data, menyiram, mengukur tinggi tanaman dan menghitung jumlah daun, ngerasa jadi anak kuliahan lagi, hehehe.

Dari praktek tugas akhir itulah saya banyak belajar, bagaimana tanaman bisa tumbuh dengan media selain tanah, ya cara hidroponik yang saya pelajari, mulai dari sistemnya, cara kerjanya, nutrisinya dan perawatannya. Gak belajar banyak, sedikit tapi bermanfaatlah.

Tugas akhir adik saya kemarin menggunakan nutrisi dari limbah air tahu, ternyata air tahunya gak seimbang kandungan unsur mikro dan makronya, hasilnya jadi tanaman kecil dan daunnya kuning tapi hasil tanamannya disimpan dikulkas selama 2 minggu gak rusak dan gak layu. Setelah praktek selesai dan jumlah tanaman masih banyak jadinya saya mulai tambah nutrisi khusu untuk hidroponik, asal saja, tapi tiap seminggu saya naikkan 2xlipat. Kenapa asal soalnya saya belum punya alat menghidung tds dan phnya, hihihi, namanya juga coba-coba.

Tak disangka hasil sayurannya jadi bagus dan wah deh pokoknya, waktu itu yang ditanam adalah caisin
 ini sisa prakteknya, masih keliatankan daunnya menguning, tapi itu sudah lebih baik, tadinya lebih parah dan pendek-pendek, itu setelah dikasih tambahan nutrisi.
ini caisin yang ditanam bareng tapi tanpa tambahan limbah tahu, beda warnakan. (eh ada kangkungnya nyempil)

ini foto hasil sebagian caisin diatas ketika dipanen,
dan ini sisanya, mantap toh, biar sudah lewat masa panennya tapi rasa tidak pahit dan juga ukuran daun besar-besar, ini akar sudah dihilangkan, tapi ketika disimpan disiram air sedikit eh tunasnya mah kearah samping, masih bisa numbuh, bahkan sampai di masukin kulkas masih numbuh, berhenti tumbuhnya ketika dimasak, hehehe.

Hasil panen dibagi ke tetangga dan saudara, sisanya dimasak bersama mie, dimasak agak lama, batang dan daunnya masih kriuk-kriuk, sempat bikin jus juga campur melon dan susu, rasanya jadi kaya jus alpukat, tidak ada rasa pahit dan hanya ada harum melon. Nyoba juga dicampur jus jerus malah aneh rasa dan baunya, hehehe.

Selain tanam caisin tanam kangkung juga, itu foto diatas kangkung usia sebulan, ini hasil panennya
  mantap toh, panjang dan gemuk-gemuk dan tidak alot.

Saya juga sempat menanam melon, sudah berbunga tapi tiba-tiba serangan panas datang, tanaman kepanasan dan daun mengering, lalu hama datang kandas sudah harapan si melon berbuah, hiks. Masih ada sih 2 tanaman melon tapi belum berbunga, harus tambah nutrisi buah tampaknya.

Kangkung dan caisin habis saatnya tanam seledri,
 tadaaa,,, Harum selsdrinya semerbak, itu baru usia 2/3 mingguan (11/9) , ini foto baru saja (2/10)
 
mnatab toh, banyak cabangnya dan seger daunnya.

Saya juga coba-coba menanam kacang panjang


 memang buahnya belum banyak tapi ya harus terus belajar.

Kendalanya dalam praktek hidroponik adalah, saya belum mengerti menghitung ppm dan ph, karena gak punya alatnya, saya juga gak sabar nunggu benihnya bertunas. Coba berbagai cara menyemai yang benar, tapi saya tetap gak sabaran, hehehe, tapi paling cepat ya benih direndam air hangat dulu sebentar, tapi kacang-kacangan sebaiknya jangan direndam diair hangat ya, air hangatnya dikasih garam/micin sedikit, rendam 1/2-12 jam, baru deh dipindah ke media.

Saya menanam di busa, gak pake sekam atau cocopeat, asal lembab ya masih bisa tumbuh, tapi jangan direndam ya, busuk benihnya, hahaha, atau jangan dijemur matahari, bisa-bisa lumutan, tapi masih bisa tumbuh, bersihin aja lumut diatasnya, kalau sama saya benih yang tidak tumbuh saya cek apakah busuk atau tidak, kalau tidak tetap saya taro dimedia dan diberi air nutrisi.

Kalau orang lain menghadapi kendala dalam hidroponik ada hama, kalau saya kucing, anak kucingnya badung banget dah, injek-injek dan tanamannya dibuat mainan. Tapi sempat disemutin tanamannya dan ada kutu arpidhnya, kalau semut sih gak papa, justru karena semut pohon sawo saya jadi manis hasil sawonya.

Sekian, terima kasih, tetap belajar.

Monday, September 29, 2014

Haruskah Pesilat Jadi Petarung Arena?

Apakah anda pesilat? atu hanya sekedar orang yang menyukai pencak silat?
Apakah pernah ditanya, sudah berapa kali bertanding? Sudah menang pertandingan dimana saja?
atau ditanya pertanyaan serupa. Bagaimana anda menjawabnya?

Beberapa waktu lalu saya mendengar seseorang berbicara kepada rekan saya "Gak ada prestasinya ya dibubarin aja mending.". Saya saat itu cuma geleng-geleng kepala mendangar orang tersebut berkata demikian pasalnya orang itu adalah orang terpelajar dan orang yang mengajar masa iya sampai berkata seperti itu, pantas saja kurikulum sekolah tiap tahun ganti lah pengajarnya aja bicara seperti itu.

Beberapa kali saya ditanya hal serupa, bagaimana saya menjawabnya? Saya menjawab dengan sedikit tawa dan sedikit jujur, saya bilang, mana ada orang yang badannya segede saya ikut pertandingan, sejak SMA berat badan sudah 80Kg, yang ada kalau ikut pertandingan masuk kelas bebas yang pasti umurnya diatas saya, hehehe". Begitulah saya, dan kalau saya jawab seperti itu tandanya "SAYA TAK BERMINAT BERBICARA DENGAN ANDA"

Faktanya seorang pesilat yang belajar silat tradisional atau seorang penggemar silat akan merasa tersinggung dengan pandangan sempit seperti itu. bahkan kalau mereka menjelaskan panjang lebar, orang yang bertanya belum tentu percaya. Kan aneh ya dikasih jawaban tapi gak percaya itu jawabannya. Kenapa sampai demikian?

Jika kita bertemu dengan seseorang dan membahas tentang silat kita tentu harus pintar dalam menerima informasi, karena keilmuan dan sejarah pencak silat jarang sekali yang dalam bentuk tertulis, biasanya hanya berupa tutur dari generasi ke generasi berikutnya ditambah rasa kagum, rasa kecewa, opini pribadi dan lupa.

Ya itu jika mengenai silat tradisional yang dulu diajarkan pada tengah malam, didalam pekarangan atau kebun gurunya atau tempat sunyi lainnya, tapi jika mengenai silat yang dipertandingkan tentu sangat mudah dijelaskan, sudah banyak referensi baik dari pelaku maupun dari buku, liat saja di internet sudah banyak informasi mengenai asal mula berdirinya Ikatan Pencak Silat Indonesia dan timbulnya silat prestasi.

Silat prestasi dibentuk dengan tujuan awal membawa nama pencak silat ke kancah olahraga dunia, maka dibentuklah suatu sistem, peraturan dan teknik dalam silat prestasi. Siapa yang membentuk hal itu? tentu saja guru-guru silat tradisional, siapa lagi.

Jadi ketika anda ditanya haruskah pesilat jadi petarung arena? jawabnya tidak.
Kenapa tidak? Kalau saja orang-orang seperti saya tidak belajar silat tradisional maka bagaimana silat prestasi tetap hidup.
Kok begitu? Ya logika saja, di sekolah tiap kelas ada 40 siswa, tidak mungkinkan semuanya meraih juara 1,2 dan 3, pasti ada yang dianggap tidak berprestasi, tapi mereka tidak dikeluarkan. begitu juga dengan silat, tidak semua pesilat itu harus jadi petarung di arena tapi harus ada juga pesilat-pesilat kampung yang kini merambah ke kota besar.

Selama ini logika kita mungkin salah, menganggap sesuatu yang dinilai dengan angka adalah sebuah prestasi padahal dalam agama pun ukuran sebuah sedekah bukan seberapa besar nilainya melainkan seberapa ikhlas pemberinya walau makin besar makin baik.

Selama anda manusia yang membawa manfaat untuk hidup anda, keluarga anda, kerabat anda dan lingkungan anda walau anda tak berprestasi disekolah tak perlu takut dan berkecil hati, hidup anda lebih besar dari sebuah nilai "100"

Salam Silat. 

Thursday, August 14, 2014

Silaturahmi SILAT BETAWI

ACARA SANGAT MENARIK MENGENAI SILAT BETAWI DI
BENTERA BUDAYA TGL 14-16 AUGUSTUS
Info lengkapnya rangkaian kegiatan SILATurahmi
Kamis, 14 Agustus 2014
14.00 Pemutaran Film – Beksi
15.00 Diskusi “Jago Silat Betawi Angkat Bicara”
Pembicara (3 tokoh silat Betawi)
1. H. Zakaria
2. H. Nur Ali Akbar alias Bang Nunung
3. H. Basir Bustomi alias Bang Basir
Moderator : Bang Yahya
19.30 Silaturahmi 9 Perguruan Silat “Maen Pukulan
Betawi Dulu”
dipandu oleh Bang Bahtiar
Penampil :
1. Silat Silibet - Bang Dani Silibet
2. Silat Terazam - Bang Moh. Khobbab
3. Beksi - Bang H. Basir
4. Sebbet - Bang Topik Burung
5. Cingkrik - Bang Bahtiar
6. Gerak Stroom - Bang Tarman Surya
7. Si Belatok - Bang M. Nasri Chandra
8. Mustika Kwitang - Bang H. Zakaria
9. Gibas Tenabang - Bang H. Cholid Sidik
Jumat, 15 Agustus 2014
14.00 Pemutaran Film – Si Gobang (up. Bang Zen Hae)
15.00 Diskusi “Kaum Jago & Kemerdekaan RI”
Calon Pembicara (tokoh Silat & Sejarawan)
1. Ali Anwar (penulis, wartawan & sejarawan)
2. H. Mohammad Sanusi alias Bang Uci (tokoh silat)
Moderator : Bang Zen Hae
19.30 Silaturahmi 10 Perguruan Silat “Maen Pukulan
Betawi Dulu”
dipandu oleh Bang Bahtiar
Penampil :
1. Jalan 6 - Bang Maulana
2. Sikun - Bang Mustazab
3. Cibendung - Bang Ade Radika
4. Si Bontot - Bang Agus
5. Si Jampang - Bang Amirudin
6. Tan Chi Ho - Bang M. Muhajirin
7. Silat Gombel - Bang Sa’amin Sain
8. Sin Lam Ba - Bang Ahmad Syarifudin
9. Sekojor - Bang Kimung
10. Merah Putih - Bang Adi
11. Gerak Rasa - Bang Bahtiar
Sabtu, 16 Agustus 2014
14.00 Pemutaran Film – Darah Muda (up. Bang Zen
Hae)
15.00 Diskusi “Evolusi Silat Betawi, Olah Fisik ke Olah
Sastra”
Calon Pembicara (tokoh Silat & Sejarawan)
1. H. Rano Karno (PLT GUbernur Banten)Hikmat
Dharmawan
2. Hikmat Dharmawan
3. M. Abduh Aziz (Koalisi Seni Indonesia)
Moderator : JJ. Rizal
19.30 Pementasan “Maen Pukulan Betawi Kini”
Si Kojek Rap Betawi
Sanggar Kotebang – pementasan Tari dengan unsur
silat
David Nurbianto – Stand up comedy
Sanggar Gejrung Jidat – silat sambil berpantun.
Selama event berlangsung akan ada pameran, bazaar
buku penerbit komunitas bambu, kerajinan batik &
pernak pernik Betawi, peralatan silat.

Langkah dalam Latihan Silat

Latihan silat baiknya diawali dengan doa, kalau ada yang bilang belajar silat gak pakai bacaan/doa jangan percaya, kita orang beragama kenapa merasa tabu berdoa sebelum latihan.silat. Jika kita tak mengerti doa apa yang dibaca maka tanyakanlah pada pelatihnya, seorang pelatih yang mampu maka akan menjelaskan dengan baik apa maksud dari doa-doa tersebut.

Seperti saat kita bayi kita belajar berdiri, melangkah, menggerakkan tangan lalu mencoba melatih kaki dengan berlari, melompat, menendang-nendang maka seperti itu juga kita belajr silat, hendaknya kita belajar berdiri dengan sikap kuda-kuda atau sikap pasang, kemudian kita belajar berjalan, berjalan dengan perlahan, cepat serta memperhitungkan keadaan, lalu belajar gerakan-gerakan tangan seperti memukul, menangkis, menangkap mengunci dan lain-lain.  Setelah tubuh kita sudah bisa menerima dan menyesesuaikan dengan pelatihan sebelumnya maka kita mulai melatih kaki, melakukan tendangan, tangkisan, kuncian bahkan belajar memindahkan posisi badan.

Setelah dewasa bukan lagi soal fsisik yang kita latih tapi mengenai pemikiran, kemampuan fisik seperti kecepatan, kelincahan, keluwesan, ketepatan bahkan mengantisipasi bila ada gerakan yang tak diduga, seperti itulah kita belajar silat selanjutnya. menggunakan pemikiran kita untuk melatih kemampuan fsik, dengan membentuk suatu sistem, suatu pola bahkan suatu keadaan yang kiranya akan terjadi suatu saat nanti. Keadaan itu terus-menerus dilatih dan diubah, sampai kiranya kita merasa telah mampu, telah mengusai dan telah sanggup mengendalikan situasi.

Seperti itulah kita latihan silat, jadi tak ada yang namanya latihan silat satu kali langsung mahir.

Salam Silat
DM

Perlu berapa lama belajar silat?

Belajar adalah sebuah proses yang dilakukan terus menerus. Belajar bukan hanya mengenai ilmu-ilmu disekolah tetapi juga banyak ilmu lainnya, dari kita bayi kita mulai belajar tengkurap, merangkak, berjalan, berlari, makan dan bermain sampai saat ini kita belajar disekolah dan belajar di masyarakat. Belajar juga mengenai sikap, cara berpikir, cara bicara bahkan cara beribadah.

Belajar dilakukan dari membuka mata hingga menutup mata, selama mungkin dan dengan cara apapun. Belajar mempunyai tujuan agar hidup membawa manfaat baik bagi diri maupun orang lain.

Kali ini saya akan membahas mengenai belajar silat.
Belajar silat, apa sih gunanya belajar silat?
Belajar silat beguna untuk mengolah kemampuan fisik seseorang, baik untuk kesehatan maupun untuk beladiri. Belajar silat juga melatih pemikiran dan hati, baik bersikap dan berpikir seperti ksatria ataupun manusia baik hati, serta manusia yang menghargai seni.

Perlu berapa lama untuk belajar silat?
Belajar silat sebenarnya mudah asal ada kemauan dan disiplin, bisa sehari, seminggu, sebulan, setahun, 10 tahun, bahkan bertahun-tahun. Tak ada batasan waktu dalam belajar silat, satu jam pun bisa dikatakan telah belajar silat, tapi silat seperti apa yang dimaksud, apakah setelah belajar kita bisa membawa manfaat atau kita bisa memanfaatkan apa yang kita pelajari?

Banyak orang yang mulanya belajar silat hanya untuk kesenangan saja, dari sekedar mencari teman, mencari keringat atau hanya sekedar memuaskan rasa keingin tahuan lama-kelamaan tanpa disadarinya telah belajar silat sampai bertahun-tahun, banyak hal yang telah dikorbankan untuk belajar silat, entah itu waktu maupun uang bahkan bisa jadi pengorbanan dari diri sendiri.

Mengapa mereka bisa belajar sampai bertahun-tahun, bahkan rela banyak hal mereka korbankan?
Jawabannya adalah mereka berusaha terus mencari apa manfaat dari belajar silat itu sendiri. Jika mereka telah menemukan satu manfaat dari belajar silat, kemudian mereka mulai mencari cara untuk menggunakannya dengan terus berpikir dan berlatih, terus seperti itu sampai mereka menutup keinginan untuk bermanfaat.

Manfaat apa yang kita inginkan sebenarnya ketika mau belajar silat? kesehatan, punya banyak teman, hanya untuk bergaya dan jago-jagoan atau untuk mengabdi diri sepenuhnya pada silat?
Tentu saja banyak manfaat dari belajar silat, coba saja tanya pada guru-guru silat atau pecinta-pecinta silat. menulis dengan kata-kata tentu tak akan cukup. Akan banyak kisah heroik, menyentuh hati bahkan sedih dibalik manfaat beljar silat yang disebarkan.

Itulah sedikit pemikiran saya
Belajar silat boleh hanya satu jam
tapi apa manfaat yang didapat?
Belajar silat bertahun-tahun
tapi apa manfaat yang didapat?
Berpikirlah, manfaat apa yang kamu cari dari belajar silat.

Salam Silat.
DM

Friday, July 4, 2014

Happy birthday to my love

Waktu terus berubah
Kadang terasa perlahan
Kadang begitu cepat
Waktu terus berubah

Seperti halnya waktu
Manusia pun begitu
Ada yang perlahan
Ada yang dengan cepat
Berubah sikap
Berubah pemikirannya
Berubah umur kedewasaannya

Waktu, bukan hanya berubah untuknya
Tapi berubah untuk keadaannya
Kadang membawa angin sejuk
Kadang membawa teriknya matahari
Seperti kita juga
Kadang saling memuji
Kadang saling tak jujur

Waktu berjalan
Umur bertambah
Sikap berubah
Semoga hatimu tetap

Selalu waktu berjalan membawa harapan
Harapan esok kita masih bisa saling peduli
Harapan esok kita masih bisa saling berjalan bersama
Harapan untuk hidup bersama waktu

Waktu juga membawa rasa takut
Takut esok tak menyenangkan
Takut esok mengecewakan
Takut esok berbuat salah
Takut esok tak lagi saling cinta dan peduli

Waktu membawa perubahan, harapan dan ketakutan
Seperti saat ini keadaan kita

Thursday, July 3, 2014

Cerita Tanpa Akhir

malam telah merangkul para manusia yang lelah
tapi malam juga yang menjaga beberapa diantaranya ketika bersimpuh
bukan bintang dan bulan yang menemani kesunyian mereka
tapi untaian kata tulus dari hati
 mengadahkan tangan
menghinakan diri
meneteskan air mata
dan menundukkan hati

tumpahan kata, kalimat
curahan mengenai siang
limpahan mengenai keegoisan
seperti cerita tanpa akhir
berulang-ulang dengan waktu yang berbeda

rahasia?
tak ada rahasia yang tak diucapkan
pengakuan?
tak ada pengakuan yang terlewat
keangkuhan?
luntur semua keangkuhannya

malam, hendaknya berganti siang
siang, lalu berganti malam
seperti
kasih sayang berganti kebencian ketika disia-siakan
kepedulian berganti keangkuhan ketika tak dijalani
cerita tanpa akhir

begitulah malam

by :dm_shadaa

Gitaris Hantu

Hari ini adalah hari kepindahanku dan keluargaku dirumah baru kami, sebuah rumah besar dengan dua lantai, tidak tiga lantai, tapi sampai saat ini pintu ruangan dilantai tiga belum bisa terbuka, penasaran apa isinya. sebenarnya rumah ini terlihat bagus, bagian depannya begitu mewah, taman kecil disamping rumah juga terlihat nyaman untuk bersantai, tapi aku dan adikku merasa ketika masuk dirumah terasa seperti ada yang mengawasi kami, jika mendekat ke tangga menuju lantai 3 rasanya merinding, tapi ya sudahlah, ini rumah baru kami, hidup baru kami.

Dilain tempat.
"Hai tampan, makan siang apa kali ini?"
"Em...Nasi padang."
"Bah tiap hari makan nasi padang, hati-hati kau."
"Tenang yang penting perut terisi."
"Hahaha."

Bip bip bip, handphone Gito berbunyi, seketika itu juga gitu terkejut dan langsung pergi dari tempat kerjanya.
"Kenapa bisa rumah itu terjual? Padahal sudah lama sekali tidak ada agent yang mau menjual rumah itu, aku harus kesana melihat siapa mereka."


Tuesday, July 1, 2014

Salah

Salah
ya semua salah
Keadaan
Perasaan
Dan posisi kita

Salah
Jika aku menangisi ketidak hadiranmu
Salah
Jika aku jatuh dalam perasaan
Salah
Jika aku menghinakan diriku sendiri

Semua salah
Terutama aku
Terutama keadaanku
Terutama perasaanku
Dan posisiku kini
Salah

Benar
Apa yg kau pikirkan
Apa yang kau kerjakan
Apa yang kau impikan

Benar
Sikap diam kamu
Pemenuhan kewajibanmu
Dan semua tentang kamu
Dalam keadaan saat ini
Kau yang benar

Semua salahku
Meminta laki2 sepertimu datang dalam hidupku
Mendoakan yang terbaik untukmu
Dan salahku juga mengharapkanmu sampai saat ini

Aku salah
Dan
Akan selalu salah.

Ya tuhan maafkan kesalahanku
Aku tak akan memintanya lagi
Aku tak akan merasakan kehadirannya lagi
Maafkan semua salahku
Tempatkanlah aku pada posisi yang benar
Dengan rasa ikhlas yang benar
Dengan hidup yang benar
Dengan orang2 yang benar

Sesungguhnya kesalahan semua hanya ada padaku.

:'(

Tuesday, April 29, 2014

SILAT DAN SAHABAT

Silat, dunia yang hendak aku singgahi selama ini, dunia selalu terbayang diangan-angan, dunia yang sangat sulit dijangkau. Kini dunia itu di hadapanku, tapi masih saja aku belum bisa memasukinya, masih saja aku mencari pintu masuknya.

Selama ini aku hanya belajar mengamati, mengingat dan belum sampai pada tahap memahami. Seorang guru, dua orang guru, banyak sudah yang aku tanya, apa itu silat? Seperti apa dunia silat yang sebenarnya? siapa saja yang berhak masuk didalamnya?

Belum ada jawaban yang memuaskan.
aku hanya bisa mengira ngira apa kuncinya
aku kira pula sudah menemukannya
nyatanya
?

aku menemukan sesuatu yang tidak aku sadari
sahabat
itu kuncinya
jadilah sahabat dalam latihan
jadilah sahabat dalam prakteknya
jadilah sahabat saat lelah
jadilah sahabat saat senang
nyatanya, aku menemukan kunci lain dalam silat


Wednesday, April 23, 2014

INSPIRASI SILAT, SILAT DAN DUNIANYA


1.           
Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 2
Saya masih perlu belajar tentang banyak hal, terutama silat, #Inspirasisilat

2.            Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Awalnya seseorang akan merasa kalau dunia #pencaksilat itu sempit, karena hanya mengenal sebatas perguruan #InspirasiSilat

3.            Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Karena dunia #pencaksilat yg dirasakan masih sebatas perguruan wajar kalau merasa paling jago #InspirasiSilat

4.            Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Pesilat kemudian mengenal pesilat lain perguruan, seperti kucing ketemu kucing lain didaerahnya, bawaannya mau ngajak ribut #InspirasiSilat

5.            Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Kucing ketemu kucing lain awalnya berantem tp bisa akur kalau sering bertemu dan makan ditempat yg sama, begitu juga pesilat #InspirasiSilat

6.            Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Ketika pesilat menyadari kalau dunia #pencaksilat tak sebatas perguruannya saja maka pesilat siap untuk belajar lebih keras #InspirasiSilat

7.            Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Bukan hanya fisik tapi lebih utama adalah akal yg dilatih ketika bergaul di dunia #pencaksilat yg lebih luas #InspirasiSilat

8.            Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Mau maju harus siap dikritik, diomelin bahkan dimusuhi oleh pesilat lain #InspirasiSilat

9.            Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Lebih baik dibilang jelek, salah, gak guna ketika berlatih #pencaksilat biar belajar cari tau dan memperbaiki diri #InspirasiSilat

10.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Pernah diomelin guru besar perguruan lain karena salah bicara atau salah paham? Kalau belum namanya belum bergaul #InspirasiSilat

11.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Pernah bercanda dan makan bersama guru besar perguruan lain? Kalau belum namanya hanya tau tp belum kenal dunia #pencaksilat #InspirasiSilat

12.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Kita masih muda, tak ada salahnya bertingkah seperti anak2 di dunia #pencaksilat, kita masih belajar berjalan kok #InspirasiSilat

13.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Tapi pesilat jangan beremosi seperti anak kecil, yg membalas memukul ketika dipukul, yg menghina ketika ada yg menghina kita #InspirasiSilat

14.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Saya sendiri masih sering salah paham dan salah tulis, ya saya terima dikritik kok #InspirasiSilat

15.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Pesilat jangan malu bertanya tentang perkembangan dunia #pencaksilat, sejarahnya dan tokoh2nya #InspirasiSilat

16.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Pesilat juga jangan lupa pada jati diri, jangan mentang2 sudah jadi juara malah lupa tentang #silattradisional #InspirasiSilat

17.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Jangan lupa kalau teknik pertandingan #pencaksilat adalah teknik #silattradisional #InspirasiSilat

18.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Dari #silattradisional bisa menuju silat prestasi, dari silat prestasi bisa kembali ke #silattradisional #InspirasiSilat

19.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Mungkin awal belajar silat ingin jadi jagoan di film tp kalau sdh masuk dunia #pencaksilat harus menerapkan 4aspek #InspirasiSilat

20.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Sudah jadi juara #pencaksilat jangan lupa pada guru, kalau sudah jadi pelatih jangan iri sama murid #InspirasiSilat

21.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Tau Iko Uwais kan? Belajar silat sejak kecil, jadi atlit seni, jadi aktor terkenal masih menghormati gurunya #InspirasiSilat

22.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Iko Uwais pernah rela datang ke acara silat karena diminta oleh gurunya padahal sedang sakit, menghormati guru kunci sukses #InspirasiSilat

23.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Sudah jadi juara nasional jangan lupakan guru, perguruan, ciptakan inovasi guna mengembangkan perguruan #InspirasiSilat

24.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Nasehat salah seorang pelatih saya, Belajar silat dimanapun boleh, tapi jangan lupakan rumah pertamamu #InspirasiSilat

25.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Tau alm. O'ong Maryono kan? Alm yg sudah jadi juara, pelatih bahkan guru gk malu diskusi sama yg masih baru belajar silat #InspirasiSilat

26.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Tapi kok yg baru belajar silat malah suka marah ya kalo diskusi, di kritik, padahal dia yg nanya #InspirasiSilat

27.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Pesilat spt alm. O'ong Maryono setau sy blm prnh bilang "Sy pesilat no.1" tapi banyak pesilat kemarin sore berkata sy no.1 #InspirasiSilat

28.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Dunia #pencaksilat itu kejam, sombong sedikit aja, gak lama lagi juga tumbang #InspirasiSilat

29.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Dunia #pencaksilat butuh perubahan, udah gk jaman bilang saya no.1 , ciptakan wajah baru dunia pencak silat #InspirasiSilat

30.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Dunia #pencaksilat butuh orang2 yg berani membuat perubahan, yg berani maju biar dihadang, apakah kamu orangnya? #InspirasiSilat

31.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Tetap gunakan nilai, filosofi, dan kaidah #pencaksilat tapi ciptakan aksi yg berbeda, pasti bisa kok #InspirasiSilat

32.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Banyak akun yg membahas soal #pencaksilat contohnya @BarayaSilat_INA @pakarsilat dll, ini juga inovasi dl promosi silat #InspirasiSilat

33.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Bahkan banyak kegiatan silat yg berbeda dari yg lain seperti pawai silat dari @angkringansilat #InspirasiSilat

34.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Diskusi2 terbuka mengenai silat yg dilakukan oleh Forum Pecinta dan Pelestari Silat Tradisional juga merupakan hal baru #InspirasiSilat

35.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Ada juga @Silat_Centre @SilatAcademy dll yg punya program guna mengembangkan #pencaksilat #InspirasiSilat

36.         Dolly ‏@Dolly_Maylissa  Apr 3
Banyak hal yg bisa dijadikan #InspirasiSilat, dari guru, pelatih, rekan, bahkan adik seperguruan


Dari Kicauan Saya (@Dolly_Maylissa)